Leverkusen – Bayern Munich tampil boros peluang kala bertandang ke Bayer Leverkusen. Alhasil Bayern Munich cuma bermain sebanding 0-0 meski bermain amat dominan.

Dalam pertandingan di BayArena, Sabtu (15/4/2017) malam WIB, Bayern secara keseluruhan menguasai bola hingga 72% seperti dicatat ESPN. Tim tamu punya 21 percobaan dengan enam di antaranya tepat target, tapi gagal bikin gol. Sementara Leverkusen punya sembilan tembakan dan hanya dua yang mengarah ke gawang.

Bayern sendiri sudah mendapatkan keuntungan jumlah pemain sejak menit ke-59. Tin Jedvaj menerima dua kartu kuning dan membuat Leverkusen kian tertekan sejak saat tersebut.

Pada akhirnya penyelesaian peluang yang buruk membuat Bayern harus puas dengan satu poin. Mereka masih kukuh di puncak klasemen, dengan kini punya nilai 69 dari 29 laga. Leverkusen sementara ada di tangga ke-11 dengan 36 poin.

Jalannya Pertandingan

Leverkusen lebih dulu mengancam di menit ke-14, melalui sepakan Kevin Kampl. Tapi upayanya masih tepat mengarah ke Manuel Neuer.

Lima menit berselang, Bayern merespons dengan peluang Juan Bernat yang menerima umpan Douglas Costa. Sepakannya bisa diantisipasi Bernd Leno.

Leverkusen punya peluang di menit ke-30. Kevin Volland menusuk di sisi kiri dan masuk ke kotak penalti. Alih-alih menembak, dia mengoper ke Julian Brandt yang penyelesaiannya justru melambung.

Peluang bertubi-tubi Bayern tak lama kemudian nyaris berbuah gol. Mulanya sepakan Alaba dihalau Leno. Javi Martinez melanjutkan tekanan, tapi tendangan terhalang. Upaya terakhir dari Arturo Vidal tampak akan berbuah gol, tapi bola disapu Omer Toprak sebelum melewati garis gawang.

Bayern kembali mendapatkan peluang di menit ke-37. Umpan silang Thomas Mueller diteruskan Kingsley Coman dengan sepakan ke arah gawang. Leno dengan sigap menghalau bola.

Di menit ke-40, Bayern kembali mengancam. Juan Bernat merangsek di sisi kiri dan melambungkan bola ke tengah kotak penalti. Thiago Alcantara dalam posisi bebas menyambut bola namun sundulannya melambung. Babak pertama berakhir 0-0.

Peluang bagus Bayern kembali terbuang di menit ke-54. Menerima sodoran dari Costa, sepakan Mueller dari jarak dekat tipis saja bergulir di samping kanan gawang.

Di bawah tekanan Bayern, Leverkusen justru harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-50. Tin Jedvaj menerima kartu kuning kedua usai melanggar Mueller dan diusir wasit.

Meski bermain dengan 10 orang, Leverkusen mampu membuat Bayern kerepotan. Mereka segera menekan Bayern ketika tak menguasai bola dan bikin Bayern tak nyaman.

Di menit ke-86, Bayern membuang kans bagus untuk unggul. Mueller mendapatkan umpan terobosan di sisi kanan dan melepaskan umpan silang mendatar. Lahm lepas dari pengawalan dan leluasa mencocor bola, namun cuma berakhir tipis di samping kiri gawang.

Di masa injury time, Bayern mendapatkan peluang lain. Umpan Mueller disundul Arjen Robben, namun gagal mengarah ke gawang karena melebar ke kanan. Sampai laga usai tak ada gol tercipta.

Susunan pemain:

Leverkusen: Leno; Wendell, Toprak, Jedvaj, Hilbert; Kampl, Aranguiz (Dragović 62′), Baumgartlinger, Brandt (Bellarabi 66′); Volland, Havertz (Bailey 88′)

Bayern: Neuer; Rafinha, Martinez (Lahm 72′), Alaba, Bernat; Kimmich, Vidal; Coman (Alonso 70′), Thiago, Costa (Robben 60′); Muller

(raw/mfi)


NO COMMENTS