Jakarta – Timnas Indonesia U-16 sukses melanjutkan tren positif di laga ujicoba kelima. Tim besutan Fakhri Husaini itu unggul atas timnas pelajar U-15.

Dalam pertandingan ujicoba yang digelar di Stadion Atang Sutrisna, Jakarta Timur, Rabu (17/5/2017) pagi, Timnas U-16 unggul 5-1. Kemenangan ini menjadi yang kelima kalinya.

Sebelumnya, timnas U-16 sudah melawan empat lawan ujicoba. Dalam empat laga tersebut mereka selalu meraih kemenangan. Melawan Villa 2000, tim ‘Merah Putih’ unggul 5-2, lalu unggul lawan PPLP DKI Jakarta 0-1, PPLP Riau unggul 4-2 dan LKG 3-0.

Pelatih Fakhri Husaini menegaskan bahwa dia tak mengutamakan hasil di setiap laga ujicoba. Namun dia ingin melihat bagaimana peningkatan tim setelah menjalani pemusatan latihan.

“Ini ujicoba yang kelima, tidak main 90 menit, maksimal 25 pemain. Karena saya ingin melihat semua pemain bermain. Hasil penting, tapi bukan tujuan utama. Saya melihat empat aspek, fisik, mental, teknik, taktik mental. Bukan cuma unggul, tapi peningkatan tim,” ujar Fakhri.

Dari serangkaian ujicoba tersebut, Fakhri menilai timnya mendapatkan banyak pengalaman. Para pemainnya disebut menjadi terbiasa mendapatkan tekanan dari lawan.

“Kami dalam lima laga uji coba lawan lebih senior. Liga Kompas kemarin, dan ini dua pemain usia 2001. Intinya, usianya lebih, kami sudah lakukan itu. Lima laga uji coba unggul, kami dapat tekanan. Kemenangan tidak mudah kami peroleh, awal-awal ditekan juga. Lima ujicoba jadi pelajaran penting bagi kami terutama bertahan dan transisi masih banyak hal yang perlu dibenahi,” sambungnya.

“Masih banyak sekali kekurangan, buat saya ini lima kemenangan hanya pertandingan ujicoba. Bukan melihat menangnya, mengevaluasi tim ini. Bertahan masih gampang diterobos.”

Setelah menjalani ujicoba lokal, Timnas U-16 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta. Di sana, mereka akan menghadapi ujicoba internasional melawan Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 21 Mei di sore harinya dan malam harinya akan menghadapi PSS Sleman.

Seperti diketahui timnas U-16 dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Untuk Piala AFF 2016 yang dihelat pada 9-22 Juli, mereka tergabung di Grup A bersama Australia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

(ads/mrp)


NO COMMENTS